Top Ads 1

Tamat Kuliah di Usia 60 Tahun, Ini Kisah Founder Brand Kompor Legendaris Indonesia

Redaksi
Sabtu, 18 September 2021 | 16.44 WIB Last Updated 2021-09-18T09:44:21Z

Sosok Gui Yau Khun founder kompor legendaris Hock/LandX


BERKARIRMEDIA - Lahir di Bagansiapiapi Riau, Gui Yau Khun berhasil membawa merek Hock dari industri rumahan jadi salah satu merek kompor paling terkenal di Indonesia.

Brand legendaris ini sudah ada sejak tahun 1968 dan Gui Yau Khun adalah sosok  pengusaha sukses dibalik terkenalnya brand kompor tersebut.

Berikut perjalanan karir Gui Yau Khun yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:


Baru Merasakan Bangku Sekolah di Usia 14 Tahun

"Saya baru mengecap bangku sekolah dasar di usia 14 tahun. Waktu itu, keluarga saya sangat miskin. Jangankan untuk sekolah, untuk biaya hidup pun sangat sulit," kata Gui Yau Khun

Apa yang dialaminya dulu tidak membuat beliau menyerah dan menerima nasib apa adanya. Justru kondisi tersebut memotivasi beliau untuk memperbaiki keadaan.

Pendidikan Moral adalah yang Paling Utama

Bagi Gui Yau Khun, semua orang haruslah belajar tanpa terkecuali. Walaupun keadaanya dulu serba kekurangan, namun pendidikan moral selalu beliau dapatkan.

Dulunya, Gui Yau Khun pernah menemukan sendok kecil di tengah jalan, lalu beliau pungut dan bawa pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, ibunya justru menyuruh mengembalikan sendok itu ke tengah jalan. Alasan Ibunya cukup sederhana karena sendok tersebut bukan milik mereka.

Baginya dan keluarganya pendidikan moral itu nomor satu.

Lulus Kuliah di Usia 60 Tahun

Pelajaran moral yang sering beliau terima inilah yang selalu menjadi api semangat hidup Gui Yau Khun.

Lewat kisahnya, kita akan tahu bahwa tidak ada kata terlambat untuk mencapai sesuatu. Gui Yau Khun berhasil tamat kuliah di National University Of Singapore pada usia 60 tahun.

Tangan Dingin yang Menciptakan Kebermanfaatan

Di tahun 1968, Gui Yau Khun mulai membuat konsep kompor minyak pertama. Hock memasarkan produk keliling dari satu pasar ke pasar lainnya.

Tahun 1978, Gui Yau Khun mengembangkan penggunaan mesin-mesin produksi untuk memenuhi permintaan pasar.

Dan di era sekarang, brand Hock makin dikenal, permintaan kompor Hock akhirnya terus naik dan berkembang hingga akhirnya memiliki pabrik sendiri dengan ribuan karyawan.

Membangun Yayasan Pendidikan Setia Budi Bagansiapiapi

Teringat masa kecilnya yang telat mengecap pendidikan, Gui Yau Khun memberikan kontribusi di dunia pendidikan dengan membangun Yayasan Pendidikan Setia Budi Bagansiapiapi.

Harapan beliau sangat sederhana, beliau ingin apa yang dialaminya di masa dahulu tidak terjadi pada generasi muda saat ini.***



Editor: Pryo Ihsan Aji

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tamat Kuliah di Usia 60 Tahun, Ini Kisah Founder Brand Kompor Legendaris Indonesia

Trending Now