Top Ads 1

Gagal Mudik? Lakukan 4 Cara Ini untuk Atasi Rindu Keluarga di Momen Lebaran

Redaksi
Rabu, 12 Mei 2021 | 20.56 WIB Last Updated 2021-05-12T13:56:00Z

Ilustrasi momen Lebaran bersama keluarga/Pexels

BERKARIRMEDIA - Hai Sobat Berkarir! Momen Lebaran tahun 2021 masih sama dengan tahun kemarin yakni pemerintah melarang mudik mengingat pandemi Covid-19.

Mungkin akan terasa menyedihkan bagi para perantau yang hendak bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Namun demi memperbaiki kehidupan saat ini, maka peraturan yang dikeluarkan pemerintah mau tidak mau harus kita jalankan.

Akibat tidak bisa mudik Lebaran 2021, pasti rasa rindu akan rumah tidak bisa terlampiaskan dengan baik.

Namun tenang saja, ada beberapa cara loh untuk membantu kamu melewati rasa rindu dengan orangtua dan kerabat di kampung halaman.

4 kegiatan di bawah ini bisa kamu lakukan saat Lebaran 2021 ini agar serasa dekat dengan orangtua, simak ya:

1.Gelar lebaran virtual bersama keluarga dan kerabat

Ilustrasi daring/Pexels

Buat kamu yang selalu senang suasana kumpul-kumpul pas momen Lebaran di rumah, kamu bisa memanfaatkan teknologi canggih saat ini untuk merayakan Lebaran jarak jauh bersama loh!

Selama hari raya nanti, kamu bisa menggunakan video call dari smartphone agar merasa berada dalam satu situasi yang sama. 

Yang penting, pastikan jaringan internet kamu untuk video call maksimal sehingga tidak mengganggu visual serta suara.

Kamu bisa juga mengadakan gathering daring dengan menggunakan aplikasi seperti Zoom atau Google Meet untuk ajak keluarga besarmu.

2. Kirim THR untuk orangtua dan kerabat

Salah satu tradisi yang selalu dilakukan masyarakat saat menuju hari raya Lebaran adalah bersilaturahmi dengan orang terdekat seperti keluarga, rekan dan juga kerabat.

Dan biasanya tiap orang punya cara tertentu untuk bersilaturahmi seperti datang berkunjung ke rumah keluarga atau mengirim pesan singkat melalui smartphone.

Bukan hanya itu, terkadang kegiatan silahturahmi ini juga dilakukan dengan memberikan uang untuk kebutuhan hari raya Lebaran kepada keluarga dan kerabat. Hal ini sering juga kita kenal dengan sebutan bagi-bagi THR.

Nah, apabila kamu yang sudah berpenghasilan sendiri namun pada Lebaran 2021 ini kamu tidak bisa mudik dan bertemu orangtua serta kerabat.

Cobalah untuk tetap melakukan tradisi ini melalui kiriman online atau transfer. Dengan tetap mengirimkan THR kepada orangtua dan kerabat maka meskipun berjauhan kamu akan tetap merasakan Lebaran yang berkesan dengan sanak keluarga.

3. Coba recook masakan Lebaran dari resep Ibu tercinta

Cara ketiga untuk mengatasi kangen rumah saat Lebaran 2021 nanti bisa kamu lakukan dengan memasak ulang menu-menu khas Lebaran yang biasanya tersedia di rumah kamu.

Dengan begitu, sedikit banyak rasa kangen kamu aakan Lebaran di kampung halaman bisa terobati.

Mintalah catatan resep masakan Lebaran khas rumahmu yang bahan-bahannya mudah ditemukan.

Cobalah masak kembali menu tersebut berdasarkan resep yang diberikan oleh ibu tercinta.

4. Melihat kenangan foto dan video momen Lebaran tahun sebelumnya

Jika rasa kangen kamu saat Lebaran nanti masih belum terobati, kamu bisa Flashback dengan melihat-lihat kembali foto atau video kebersamaan kamu selama Lebaran tahun sebelumnya.

Dengan itu kamu akan merasakan hangatnya suasana Lebaran bersama keluarga.

Jangan sedih ya Sobat Berkarir yang tidak bisa mudik tahun 2021 ini, masih banyak cara lain untuk membantu kamu menghadapi rasa rindu tersebut kok.

Mari panjatkan doa dan patuhi prokes semoga situasi membaik dan kita semua bisa kembali merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta di kampung halaman.***


Editor: Pryo Ihsan Aji



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gagal Mudik? Lakukan 4 Cara Ini untuk Atasi Rindu Keluarga di Momen Lebaran

Trending Now