Top Ads 1

5 Cara Ampuh Membasmi Kutu Tungau di Rumah, Hilang Seketika

Redaksi
Minggu, 09 Mei 2021 | 17.56 WIB Last Updated 2021-05-09T10:57:12Z
Ilustrasi membersihkan lantai dengan penyedot debu/pexels

BERKARIRMEDIA - Hai sobat Berkarir! Pernah gak sih kamu merasa gatal-gatal ketika berada di kasur atau di tempat duduk yang ada di rumah mu? Jika iya, kamu harus simak artikel berikut ini ya!

Saat berkegiatan di rumah, kita sering duduk di sofa rumah, atau "rebahan" di kasur. Sadar gak sadar ternyata hal ini menyebabkan menumpuknya bakteri di sana loh guys apalagi kutu Tungau.

Dan mengerikannya lagi, kita nggak bisa melihat keberadaan kumpulan bakteri itu secara kasat mata. Nah gimana sih cara kita menghindari atau membasmi serangga kecil yang berada di perabotan rumah kita? Simak 6 tips membasmi serangga di rumah dengan ampuh yuk!

1. Jemur di bawah sinar matahari

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kasur dan sofa yang ada di rumah menyimpan banyak bakteri apabila tidak rutin dibersihkan. Apalagi ketika yang menggunakannya tidak bersih. Cara membasmi serangga yaitu tungau yang ada di kasur dan sofa rumah kita adalah dengan menjemur di bawah sinar matahari.

Perlu kamu ingat sebelum menjemur kasur,sofa beserta bantalnya, jauhkan barang lain yang bisa menjadi tempat tungau bersembunyi lagi yah. Hal ini bertujuan supaya serangganya tidak berpindah ke tempat tersebut.

2. Gunakan wewangian Lavender

Selain dicuci dan dijemur, ternyata membasmi serangga di rumah bisa juga dengan produk beraroma Lavender loh! Aroma lavender yang berwujud minyak lebih disarankan karena efektif dalam mengusir serangga seperti tungau.

FYI, aroma bunga Lavender sangat tidak disukai tungau, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa hal-hal dengan aroma bunga ini bisa jadi alternatif sederhana yang bisa kamu gunakan.

3. Cuci menggunakan air panas

Cara berikutnya untuk membasmi serangga di rumah kamu, khususnya di kasur adalah mencucinya dengan air panas. Tapi pastikan dulu ya kalau kamu menggunakan perlengkapan tidur yang bisa dicuci.  

Membasmi serangga dengan mencuci perlengkapan tidur pakai air panas dicampur sabun anti-bakteri bisa kamu lakukan loh! Namun setelah dicuci segera letakkan di bawah sinar matahari ya, jangan di diemin aja sampe besok supaya bakterinya ngga kembali berkumpul.

4. Rutin gunakan alat sedot debu

Jika kamu ingin membasmi serangga di rumah dengan lebih simple, gunakan saja alat penyedot debu. Hal ini pastinya lebih mudah dibanding tips membasmi serangga lainnya, tapi harus lebih rutin ya membersihkannya.

Alat penyedot debu digadang-gadang bisa membasmi serangga hingga ke telurnya loh. So, pastinya sofa dan kasur mu terasa lebih nyaman dan nyaman buat "rebahan".

Namun ingat juga bila serangga seperti tungau bisa saja datang lagi dan berkembang biak lebih cepat dari sebelumnya, oleh karena itu lakukan penerapan membasmi serangga dengan alat sedot debu secara rutin ya.

5. Gunakan kapur barus dan minyak

Pastinya kamu sudah tahu kan minyak tanah bisa membasmi serangga?!

Nah, ternyata apabila kamu mencampurkannya dengan kapur barus yang dilelehkan itu ampuh banget loh membunuh serangga di kasur atau sofa rumahmu. Setelah bahan dicampur dan disatukan, kamu hanya perlu untuk menyemprotkannya pada area yang menjadi sarang. Bahan ini juga mudah didapat kok!

Oke, cobain dari sekarang ya guys, untuk dapat kenyamanan dan keamanan dari bakteri dan penyakit di rumah.***



Editor: Pryo Ihsan Aji 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 5 Cara Ampuh Membasmi Kutu Tungau di Rumah, Hilang Seketika

Trending Now