Top Ads 1

Waspada, 5 Kebiasaan Mahasiswa Ini yang Bikin Pengeluaran Boros

Redaksi
Selasa, 06 April 2021 | 00.37 WIB Last Updated 2021-05-03T11:14:43Z
Ilustrasi mahasiswa/Pexels


BERKARIRMEDIA - 
Berbagai tugas kampus memang kerap bikin pusing mahasiswa. Tapi selain itu, masalah kantong kering pun sering dialami para mahasiswa. Apalagi kalau mereka membiayai kuliahnya sendiri atau tinggal jauh dari keluarga.

Gaya hidup mahasiswa sangat beragam. Ada yang suka nongkrong di cafe mahal, ada juga yang cuma kuliah lalu balik ke rumah atau kos dan ada juga yang kuliah sambil bekerja.

Senang-senang untuk menghilangkan rasa stres terhadap tugas kuliah dengan bepergian boleh-boleh saja. Tapi jika budget-nya pas-pasan, sebaiknya pertimbangkan kembali kalau gak mau jadi boros.

Jika kamu merasa uang bulanan kamu cepat habis beberapa bulan ini, mungkin ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan yang ternyata bikin keuangan cepat menurun atau boros, seperti kebiasaan mahasiswa di bawah ini.

Belanja Bulanan Secara Berlebihan



Belanja bulanan tentunya juga dibutuhkan mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa kos-an. Mulai dari perlengkapan mandi, perawatan diri dan lain sebagainya.

Tapi masalahnya, masih banyak mahasiswa yang tidak bikin perencanaan dulu sebelum pergi belanja. Alhasil ketika berada di tempat belanja, mereka membeli berbagai barang dari yang dibutuhkan sampai yang gak dibutuhkan sama sekali.

Lain ceritanya kalau kamu membuat perencanaan belanja bulanan dulu, kamu bisa lebih mudah dalam belanja dan meminimalisir terjadinya boros. Sisa uang belanjanya nanti bisa kamu belikan kebutuhan lainnya untuk kedepannya atau ditabung untuk membeli Epson I565 buat kebutuhan kuliah.

Sering Nongkrong Di Cafe



Ini memang menjadi salah satu gaya hidup mahasiswa yang tak bisa dihindari. Cafe seakan menjadi tempat paling asyik dan nyaman untuk mengerjakan tugas atau sekedar ngobrol dengan teman.

Saking nyamannya nongkrong di cafe, kamu jadi lebih sering datang setiap harinya. Saat nongkrong, kamu pasti bakal mengeluarkan uang untuk sekedar membeli makanan atau minuman.

Sekali nongkrong, kamu bisa mengeluarkan uang sekitar 50 ribuan. Dengan uang segini, sebenarnya kamu bisa menggunakannya untuk membeli makanan di warteg selama dua hari.

Jika kamu mengurangi kegiatan ini dari sekarang,  kamu bisa mengumpulkan uang untuk membeli printer Epson I120 dengan harga Epson I120 Rp 1.6 juta di online shop.

Sebaiknya, jika ingin mengerjakan tugas dan ngobrol bareng teman, kamu bisa langsung ke kampus saja. Di sana sudah banyak yang menyediakan Wi-Fi gratis kok.

Sering Beli Buku, Namun Malas Baca



Kebiasaan ini sudah jelas hanya buang-buang uang saja. Beli buku tapi malas baca dan cuma dipajang saja, itu namanya pemborosan. Dengan rajin membaca pastinya kamu akan mendapatkan banyak wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kebutuhan kuliah. Sehingga buku yang kamu beli jadi gak sia-sia.

Malas Ke Perpustakaan Kampus


Fasilitas kampus satu ini sebenarnya harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Ketimbang membeli buku buat bahan skripsi atau tugas kuliah, kamu dapat meminjamnya dari perpustakaan yang ada di kampus secara gratis.

Namun, umumnya meminjam buku ada batas waktu. So, gunakanlah sebaik mungkin agar bisa dikembalikan dengan cepat. Karena kalau sampai terlambat, kamu bakal membayar denda.

Tapi jika bukunya masih dibutuhkan, kamu bisa lapor ke petugas perpustakaan untuk memperpanjang batas waktu meminjam buku.

Keseringan Mengkonsumsi Fast Food


Anak muda jaman sekarang memang doyan banget mengkonsumsi fast food, termasuk mahasiswa. Kebiasaan ini juga ternyata yang membuat mahasiswa gampang boros.

Harga yang ditawarkan satu porsinya saja bisa kisaran 30 ribu sampai 50 ribuan. Harga tersebut tentunya terbilang mahal jika dibandingkan dengan harga warung makan biasa.

Membeli fast food sesekali si oke-oke aja, tapi jika keseringan bisa bikin uang bulanan cepat terkuras. Selain bikin boros, kebiasaan seperti ini juga tidak baik buat kesehatan tubuh.

Mulai sekarang, bijaklah dalam menggunakan uang untuk menghindari bokek di akhir bulan.***


Editor: Pryo Ihsan Aji 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waspada, 5 Kebiasaan Mahasiswa Ini yang Bikin Pengeluaran Boros

Trending Now