Top Ads 1

Tingkatkan Kesadaran Moderasi Beragama, DEMA IAIN Kudus Gelar Diskusi Agama-Agama

Redaksi
Kamis, 01 April 2021 | 18.55 WIB Last Updated 2021-05-03T11:14:43Z

DEMA IAIN Kudus adakan Diskusi Agama-Agama Manusia


BERKARIRMEDIA - Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus mengadakan kegiatan "Diskusi Agama – agama Manusia" yang mendatangkan berbagai tokoh agama.

Acara yang dilaksanakan pada Kamis 1 April itu sebagai upaya memperkuat persatuan dan kesatuan, melalui urgensi penerapan nilai- nilai moderasi beragama dalam bermasyarakat.

Dimulai dari mahasiswa yang memiliki peran agent of change dan agent controll of social, dengan harapan akan menjadi generasi masa depan yang selalu memupuk persatuan dengan sikap toleransi antar umat dan saling asah asih dan asuh dengan sesama manusia.

Adapun tokoh yang mengisi kegiatan tersebut yakni, Drs H. M. Asyrofi Mashito ketua PCNU Kudus, Dr. H. Ihsan M.Ag Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dan Wakil Rektor III IAIN Kudus, Pandita Suparno Bodhicakra Tokoh agama Budha dan Muhammad Autad An-Nasher Jaringan Gusdurian Indonesia dan Redaktur Alif.id.

“Orang yang merasa benar hanya akan memandang orang lain itu salah, padahal belum tentu seseorang tersebut tau apa itu benar dan salah, perbedaan bukanlah hal yang harus dipermasalahkan justru perbedaan menciptakan warna” ucap Rektor IAIN Kudus

Sementara itu, dalam sambutannya Presiden Mahasiswa IAIN Kudus Sahabat Khoirul Anas Menegaskan bahwa kita harus melawan hoaks dan radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia.

Selanjutnya. Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Ihsan menuturkan bahwa negara mengakui agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Khonghucu serta kebhinnekaan umat beragama merupakan kenyataan yang memiliki legalitas. Kondisi tersebut mengandung potensi kebangsaan dan juga persoalan.

“Jika Sulit mencari alasan untung menghormati pemeluk agama lain, maka alasan bahwa dia adalah manusia ciptaan Allah SWT itu sudah cukup,: jelasnya.***


Editor: Pryo Ihsan Aji


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Kesadaran Moderasi Beragama, DEMA IAIN Kudus Gelar Diskusi Agama-Agama

Trending Now