Top Ads 1

Solo Catatkan 22.800 Pengangguran Terbuka Akibat Pandemi Covid19

Redaksi
Selasa, 27 April 2021 | 14.26 WIB Last Updated 2021-05-03T11:14:43Z

Ilustrasi covid19

BERKARIRMEDIA - Dampak pandemi COVID-19 berakibat pada jumlah pengangguran di Kota Solo meningkat.

Laporan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta mencatat per Desember dari laporan BPS (Badan Pusat Statistik) naik ke 7,6 persen.

Hal itu disebabkan terpuruknya sejumlah sektor ekonomi selama pandemi, salah satunya pariwisata.

"Jumlah pengangguran terbuka sebelum pandemi sebesar 4,17 persen, sedangkan per Desember dari laporan BPS (Badan Pusat Statistik) kita sudah naik ke 7,6 persen. Ini akibat pandemi COVID-19," ucap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta Agus Sutrisno di Solo, Senin 26 April.

Dengan penambahan tersebut, dikatakannya, artinya banyak pekerja yang bekerja di sektor formal maupun nonformal yang menganggur akibat pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Akibat pandemi ini ada penambahan sekitar 10.000 pengangguran terbuka. Di sisi lain ada sekitar 3.000 angkatan kerja baru," katanya.

Ia mengatakan penambahan angka pengangguran ini paling banyak disumbang sektor pariwisata, di antaranya hotel, restoran, dan transportasi di mana terdampak langsung pandemi COVID-19.

Pihaknya mencatat para pengangguran ini paling banyak berasal dari perusahaan skala menengah, sedangkan skala kecil justru tidak terlalu terdampak mengingat tenaga kerja yang dimiliki juga tidak sebanyak skala menengah.

Ia mengatakan dengan penambahan tersebut saat ini jumlah pengangguran terbuka di Kota Solo mencapai 22.800 orang

Terkait dengan penambahan ini, pihaknya dengan instansi lain terus berupaya memberikan pendampingan agar para penganggur bisa segera mengentaskan diri.

Ia mengatakan salah satu pendampingan yang diberikan adalah pelatihan usaha.

"Memang kalau pelatihan ini ditujukan untuk 'upskill' (naik kelas) susah karena latar belakangnya yang merupakan pekerja. Namun demikian, kami didik dengan ketrampilan baru, harapannya jadi wirausaha, bukan jadi pekerja," tandasnya.***


Editor: Pryo Ihsan Aji
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Solo Catatkan 22.800 Pengangguran Terbuka Akibat Pandemi Covid19

Trending Now