Top Ads 1

BEM Nusantara Nyatakan Menolak Kedatangan Pemimpin Junta Myanmar dalam KTT ASEAN

Redaksi
Selasa, 20 April 2021 | 20.07 WIB Last Updated 2021-05-03T11:14:43Z

Koordinator dan Sekertaris Pusat BEM Nusantara 

BERKARIRMEDIA-Pemimpin Junta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing dijadwalkan akan menghadiri Pertemuan Khusus Para Pemimpin Negara-Negara Asia Tenggara (KTT ASEAN) pada Minggu 24 April di Jakarta.

Diketahui, semenjak terjadinya kudeta 1 Februari, negara Myanmar telah berada dalam kekacauan dengan aksi demonstran yang jumlah masaanya begitu masif.

Sampai saat ini agresi militer dalam gerakan kudeta telah menewaskan lebih dari 720 orang dan menahan sekitar 3.100 aktivis serta jurnalis.

Koordinator Issue Internasional BEM Nusantara Adi Maliano menyatakan BEM NUSANTARA menolak keras kedatangan pimpinan Junta Militer Myanmar di Indonesia dalam agenda KTT ASEAN.

"Jika negara membuka pintu masuknya pimpinan Junta Militer Myanmar maka secara otomatis Indonesia mengakui kepemimpinan dari kudeta militer, jelas ini sudah jauh dari nilai-nilai negara demokrasi dan kemanusiaan," tutur Adi Maliano

Menurutnya, konflik yang terjadi saat ini di Myanmar dapat diselesaikan melalui pendekatan diplomasi dan mediasi.

Sementara itu, Koordinator Pusat BEM Nusantara Eko Pratama menyampaikan pihaknya akan melakukan aksi dan pernyataan sikap penolakan terhadap kedatangan pemimpin Junta Militer Myanmar tersebut secara serentak di tiap daerah.

Ia juga telah mengeluarkan release sikap resmi BEM Nusantara terhadap permasalahan ini, pihaknya meminta pemerintah Indonesia untuk melarang kedatangannya, demi menjaga moral dan integritas bangsa.

"Kami meminta Indonesia mendukung dikembalikannya pemerintahan sipil yang demokratis serta mendukung di hentikanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh pihak Militer Myanmar kepada warga sipilnya karena ini merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia, tandas Eko.***

Release Pernyataan Sikap BEM Nusantara


Editor: Pryo Ihsan Aji


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BEM Nusantara Nyatakan Menolak Kedatangan Pemimpin Junta Myanmar dalam KTT ASEAN

Trending Now