Top Ads 1

Gugah Semangat Kaum Milenial tentang Budaya, Mahasiswa KKN Kulik Sisi Lain Desa Pakis

Redaksi
Senin, 15 Februari 2021 | 19.02 WIB Last Updated 2021-02-15T12:02:21Z
Foto : Mahasiswa KKN bersama tokoh masyarakat Desa Pakis


Berkarirmedia, Kendal - Dalam rangka mengenalkan kebudayaan pada kaum milenial, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MIT-DR XI UIN Walisongo Semarang kelompok 47, melakukan wawancara kepada salah satu tokoh yang dituakan di desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Wawancara ditujukan terkait kebudayaan dan sisi lain desa Pakis yang hingga kini masih rutin diadakan tiap tahunnya. Sabtu (13/02/21)

Desa Pakis terletak tak jauh dari kaki gunung Ungaran, selain memiliki kekayaan alam yang hijau dan asri, rupanya masyarakat di sana masih kental dengan adat istiadat dan kebudayaan yang selama ini berlangsung. Salam, selaku tokoh masyarakat yang dituakan menceritakan awal mula babad desa Pakis hingga masa kini, 

"Jadi dulu yang babad alas di desa ini tuh namanya Kiyai Citrogodo, tidak ada yang tahu persis beliau berasal dari mana. Cerita yang berkembang di masyarakat, beliau menyebarkan Islam di daerah sini, nah makamnya terkelat di kiri jalan menuju desa Kedokan",ujarnya.

"Kalau soal kebudayaan di sini itu ada acara Susuwangan yang diadakan di desa Pakis dan Peron" tambahnya.

Susuwangan berasal dari cerita waktu kyai Citrogodo membuat jalur air dengan menyeret Kendidipun sejauh 2 km, dibantu oleh mbah Sahaliman sampai menyambung ke desa Peron.

Acara tersebut berisi selamatan dan siram-siraman air oleh masiing-masing kepala lurah dari dua desa. Lurah dari desa Pakis membawa air dari desa Pakis, diberikan kepada lurah desa Peron lalu disiramkan secara bersamaan.

Acara ditutup dengan memakan masakan-masakan yang dibuat oleh warga dan ayam yang disembelih diawal, di sepanajang sungai yang dulu dubuat oleh kyai Citrogodo.

"Pembuatan video ini diharapkan mampu menggugah semangat kaum milineal untuk dapat merawat dan melestarikan kebudayaan di desa Pakis" ungkap Risky Angga selaku koordinator desa kelompok 47 KKN MIT-DR XI UIN Walisongo Semarang.


Reporter : Muzammil

Editor : Pryo Ihsan Aji 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gugah Semangat Kaum Milenial tentang Budaya, Mahasiswa KKN Kulik Sisi Lain Desa Pakis

Trending Now