Top Ads 1

Wujudkan Peduli Pendidikan, Mahasiswa KKN MIT DR 11 UIN Walisongo Semarang Berikan Bimbingan Belajar Dari Rumah

Redaksi
Minggu, 17 Januari 2021 | 12.22 WIB Last Updated 2021-01-17T05:22:02Z

Foto : Fuad Ashari melaksanakan pembelajaran dengan anak-anak di lingkungan Rowosari, Tembalang

Semarang-Berkarirmedia.com, Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia berdampak di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor Pendidikan. Terhitung sejak medio Maret 2020 aktifitas pembelajaran daring (Dalam Jaringan) menjadi sebuah solusi alternatif Pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

Meskipun demikian, hal ini banyak menimbulkan hambatan kepada anak-anak ketika dalam pelaksanaannya. Tidak sedikit juga orang tua anak-anak mengeluh dengan pelaksanaan pembelajaran secara daring (Dalam Jaringan), khususnya bagi mereka orang tua yang memiliki taraf perekonomian dibawah rata-rata, karena dalam pelaksanaan pembelajaran online tersebut anak-anak dituntut harus mempunyai sarana pembelajaran secara mandiri, (gawai & kuota).

Menyikapi kondisi tersebut, Mahasiswa KKN MIT DR 11 UIN Walisongo Semarang Fuad Ashari berinisiatif mengadakan Program Bimbingan Belajar dari rumah secara cuma-cuma.

Kegiatan Bimbingan Belajar tersebut dilaksanakan di rumah mahasiswa yang berada di Kelurahan Rowosari RT 05 RW 04 Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

“Kegiatan Bimbingan Belajar ini adalah gerakan inisiatif dari kami sebagai salah satu wujud kepedulian kami di bidang pedidikan, kegiatan ini kami khususkan kepada anak-anak kelas 1-6 Sekolah Dasar yang tinggal di sekitaran rumah dan dilaksanakan setiap hari Jum’at dan Sabtu pukul 15.30 WIB – Selesai”, tutur Fuad pada Jum’at, 15/01/2021

Ia juga menyebutkan, adanya kegiatan Bimbingan Belajar tersebut bertujuan untuk membimbing anak-anak ketika ada tugas/ pekerjaan rumah dari Guru, serta untuk mengurangi interaksi anak-anak dengan telepon pintarnya.

“Semoga dengan adanya gerakan inisiatif (Bimbingan Belajar) seperti ini dapat memberikan manfaat lebih kepada anak-anak yang telah sekian lama belajar di rumah secara online”, imbuhnya Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir ini.

Sementara itu, Ibu Sholihah selaku wali murid merespon dengan baik adanya kegiatan Bimbingan Belajar ini,

“Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah mengadakan bimbingan belajar ini, karena dengan adanya kegiatan ini memudahkan saya dalam membimbing anak saya”


Editor : Pryo Ihsan Aji
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wujudkan Peduli Pendidikan, Mahasiswa KKN MIT DR 11 UIN Walisongo Semarang Berikan Bimbingan Belajar Dari Rumah

Trending Now