Top Ads 1

Tingkatkan Imun, Mahasiswa KKN Rutin Adakan Olahraga Mahatma

Redaksi
Minggu, 17 Januari 2021 | 12.02 WIB Last Updated 2021-01-17T05:02:19Z
Foto : Mahasiswa KKN UIN Walisongo melakukan olahraga Mahatma


Semarang-Berkarirmedia.com, Anggota kelompok 18 KKN DR XI UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan Olahraga Pernafasan Mahatma bersama santri Pondok Pesantren Darul Falah Besongo. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Perumahan Bank Niaga Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Semarang. 

Latihan Mahatma ini merupakan kali ketiganya diadakan bersama antara anggota KKN sejak awal kegiatan KKN dimulai. Minggu (17/1)

Mahatma merupakan salah satu olahraga pernafasan yang menggabungkan tiga hal, yang pertama nafas, yang kedua jurus, dan yang ketiga adalah dzikir. Penggabungan dzikir pada olahraga pernafasan ini menjadi keunikan tersendiri yang membedakan olahraga pernafasan mahatma dengan olahraga pernafasan yang lainnya. Peran dzikir ini menjadi pelengkap dan penyempurna terapi penyembuhan dalam mahatma.

Sebelumnya olahraga ini merupakan rutinan santri pada hari Minggu pagi, namun pada suasana liburan pesantren olahraga ini diadakan seminggu dua kali pada hari Kamis dan Minggu yang dilaksanakan bersama anggota Tim KKN Kelompok 18. 

Pada kegiatan di hari aktif latihan mahatma dipimpin oleh beberapa pelatih yang didatangkan dari luar Pesantren. Namun pada suasana liburan ini mahatma ini bergantian dipimpin oleh anggota Tim KKN Kelompok 18 dan santri.

“Kegiatan olahraga mahatma ini penting dilakukan di masa pandemi ini untuk menambah aktivitas fisik dan meningkatkan imun anggotanya” tutur Fathul Faqih Madaniy. 

Rencananya latihan ini akan menjadi program kerja rutin kelompok 18 bersama santri selain agar tetap mengikuti ketentuan mahatma yang tidak memperbolehkan berhenti latihan selama sebulan berturut-turut juga sebagai bentuk menjalin relasi antara anggota Tim KKN Kelompok 18 dengan santri sekitar, jelas Koordinator KKN Kelompok 18 itu.


Reporter : Gayuh Rijki Fadillah

Editor : Pryo Ihsan Aji


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Imun, Mahasiswa KKN Rutin Adakan Olahraga Mahatma

Trending Now