Top Ads 1

Memajukan UMKM, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Diskusi Tentang UMKM Indonesia Go Internasional

Redaksi
Minggu, 31 Januari 2021 | 18.24 WIB Last Updated 2021-01-31T11:25:19Z

Diskusi Daring UMKM Indonesia Go Internasional


Getasan, Kab. Semarang, Berkarirmedia.com – Krisis ekonomi menyebabkan menurunnya omset usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) di masyarakat Indonesia. Padahal UMKM memiliki peran penting sebagai tulang punggung dalam menyelamatkan masyarakat dari berbagai masalah ekonomi. Hal ini dilakukan oleh KKN MIT DR XI Kelompok 50 dengan mengadakan webinar Entreprener yang bertema UMKM Indonesia go internasional melalui digitalisasi pada sabtu (30/01) yang berlangsung secara online.

Webinar ini diadakan untuk memberikan pengetahuan dasar untuk para usaha mikro kecil, dan menengah. “Tujuan diadakannya kegiatan yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat pembisnis tentang UMKM, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang UMKM, mengembangkan indrusti perdagangan masyarakat, membantu  menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas, dan menciptakan UMKM yang berbasis digitalisasi yang mana era-era sekarang ini harus menggunakan digitalisasi”. Ucap kordes KKN MIT DR XI.

Webinar ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Shafigh Pahlevi Lontoh, wakil ketua Kadin Kota Semarang. Pemateri yang kedua yaitu  Anis Fitria, S.E.I, M.S.I, Dosen Syariah UIN Walisongo. Narasumber pertama menjelaskan tentang pentingnya mengenal digitalisasi, dilanjut pemateri kedua membahas tentang UMKM Indonesia yang siap di ekspor.

Shafigh Pahlevi Lontoh membagikan pengalamannya tentang mudahnya berwirausaha. “Bergerak di bidang UMKM itu adalah pilihan, yang terpenting kalian memiliki jiwa wirausaha”. Ucap Shafigh. Beliau juga memaparkan pentingnya media digital saat ini. “Digital telah menjadi bagian dari usaha marketing, mengenalkan brand, membangun engagement dan promosi”. Sambung bapak Selegram tersebut.

Beliau juga menambahkan bahwa media sosial atau seringkali dikatakan story telling bisa dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat menggunakan produk. Story telling dapat memberikan cerita didalamnya, dimana memperpadukan emosional diri dengan informasi yang ada sehingga cerita memiliki kekuatan yang dapat membujuk, memotivasi, menginspirasi. 

Selanjutnya disambung  oleh Anis Fittria mengenai UMKM Indonesia siap ekspor. “Ekspor diartikan suatu aktivitas mengeluarkan suatu barang dari daerah Pabean. Apa itu daerah Pabean? daerah milik Republik Indonesia yang terdiri dari wilayah darat, perairan, dan udara yang juga mencakup seluruh daerah tertentu yang berada di dalam zona Ekonomi Eksklusif”. Ujar Anis

Anis juga memberikan alasan UMKM perlu untuk di ekspor. Menurutnya, UMKM apabila di ekspor akan mampu meningkatkan daya saing, nilai investasi, hubungan kerjasama Internasional, skala produksi dan keuntungan bisnis.

Diskusi ini berjalan dengan lancar dari pukul 08.00 – 10.30 WIB. Peserta berasal dari mahasiswa dan masyarakat umum yang tergabung dalam google meet dan live streaming youtube. Adapun nama youtube yang dipakai adalah “Getasan Bercerita”.


Reporter : Zaid

Editor : Pryo Ihsan Aji


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Memajukan UMKM, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Diskusi Tentang UMKM Indonesia Go Internasional

Trending Now