Top Ads 1

Galakkan Gerakan Sejuta Pohon, KKN MIT DR-XI 2021 Kelompok 50 Adakan Tanam Pohon di Desa Getasan

Redaksi
Kamis, 21 Januari 2021 | 20.13 WIB Last Updated 2021-01-21T13:13:46Z

Foto : Mahasiswa KKN kelompok 50 bersama kepala Dusun Getasan


Getasan-Berkarirmedia.com, KKN MIT DR XI UIN Walisongo melakukan tanam pohon di desa Getasan pada Rabu-Kamis (13-14/01/2021). Tanam pohon dilakukan pada 5 dusun di desa Getasan, yaitu dusun Getasan, Pandanan, Jampelan, Ngelo dan Gading. Lokasi tanam bibit pohon berada pada sumber mata air di dusun setempat.

“Pada tahun 2019, daerah Getasan mengalami kekeringan air walaupun berada di lereng gunung Merbabu, jadi sangat cocok jika ada penanaman bibit pohon di daerah sumber mata air”. Ucap Budiono, Kepala Dusun Getasan. 

Pada acara tersebut dilakukan dengan penanaman 436 bibit pohon yang terdiri dari trembesi (74 par), Kendal (33 topik), sirsak (138 sardi), sengon (51 topik) dan gayam (140 topik). Bibit pohon tersebut diperoleh dari pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kesehatan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah yang berada di Unggaran Timur, tempat persemaian bibit pohon. Penanaman pohon dilakukan sebagai bagian dari program upaya pelestarian lingkungan khususnya di sumber mata air desa Getasan.

Bibit pohon yang diperoleh dibagi kepada masing-masing dusun dengan jumlah yang berbeda. Dusun Gading, Jampelan, dan Pandanan memperoleh 85 bibit pohon. Sedangkan dusun Getasan dan Ngelo memperoleh bibit pohon secara berturut-turut 91 dan 90. Penanaman dilakukan di sumber mata air yang berbeda. Salah satunya di gua Maria Pereng, sumber mata air sendang panguripan dusun Jampelan. 

Prayogo selaku salah satu pengelola gua Maria Pereng mengatakan bahwa bibit yang diperoleh sudah cukup untuk digunakan penanaman pohon. Apabila lebih dari itu, pihak pengelola akan kebingungan untuk menanam pohon lebihnya. “Di dusun Jampelan terakhir ada penanaman pohon untuk mata air tahun 2013 dari PT Djarum, jenis bibitnya adalah trembesi”. Sambung Prayoga

Sementara, penanaman pohon di dusun Pandanan dilakukan pada 3 tempat, yaitu daerah Nglarangan Pandanan, sumber Netes sebelah barat dusun Pandanan dan sumber mata air Kedayon Pandanan. Sedangkan dusun Getasan, Ngelo dan Gading dilakukan pada lahan yang berpotensi memiliki mata air yang melimpah.

Para kepala dusun turut mengapresiasi kegiatan gerakan tanam pohon yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang. “Kami mewakili dusun Jampelan sangat berterima kasih atas peran dan partisipasinya dalam upaya melestarikan lingkungan hidup dan semoga kedepannya kegiatan tanam pohon bermanfaat bagi lingkungan sekitar kami dan pohon yang tadinya ditanam dapat menambah debit air di sendang panguripan (Sumber Penguripan seluruh makhluk hidup).” Ujar Kuwato, kepala dusun Jampelan.

Hal senada juga disampaikan Muhammad, Kepala dusun Pandanan bahwa penanaman pohon ini semoga bisa menjaga air dari kekeringan dusun Pandanan, Bahasa Jawanya “Bar ditanam enek seng njogo banyune”.

Kegiatan ini dilakukan mulai jam 09.00 WIB sampai selesai. Sebelum melakukan penanaman pohon, warga bersama mahasiswa KKN UIN Walisongo turut memberikan ucapan selamat hari gerakan sejuta pohon yang dipandu oleh perwakilan mahasiswa KKN UIN Walisongo.


Reporter : Mega

Editor : Pryo Ihsan Aji


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Galakkan Gerakan Sejuta Pohon, KKN MIT DR-XI 2021 Kelompok 50 Adakan Tanam Pohon di Desa Getasan

Trending Now