Top Ads 1

Belajar Kaya Dari Juragan Ikan Dan Pesawat Ala Susi Pudjiastuti

Redaksi
Jumat, 18 Desember 2020 | 10.41 WIB Last Updated 2021-05-08T17:43:50Z
Foto : Instagram @susipudjiastuti115

Berkarirmedia.com  - Apa yang ada didalam pikiran kamu ketika mendengar nama Susi Pudjiastuti ? Ya, kata "Tenggelamkan Dia !" mungkin itu yang terbesit di pikiran sobat berkarir. Sosok wanita hebat ini bisa menjadikan inspirasi bagi sobat berkarir dalam menjalani fase karir kalian.

Dr.(H.C). Susi Pudjiastuti merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) pada kabinet Jokowi-JK dan juga seorang pengusaha sukses yang bergerak dibidang perikanan dan penerbangan. Tercatat, Susi melaporkan kekayaannya sekitar Rp 80 miliar di tahun 2019.

Tidak Tamat SMA

Latar belakang Susi memang lahir di keluarga yang cukup beruntung. Ayah Susi mempunyai usaha peternakan dan kakek buyut Susi dikenal sebagai tuan tanah di Pangandaran, Jawa Barat.

Susi hanya sekolah hingga kelas 2 SMA karena Susi tidak cocok dengan sistem sekolah. Hal ini membuat Ayah Susi mendiamkannya selama 2 tahun. Namun hal itu justru menjadi titik balik kehidupan Susi untuk lebih baik lagi. Mulai berjualan bed cover keliling Pangandaran, kemudian Susi menjadi pengepul ikan, hingga membeli udang dan kodok untuk di jual di Jakarta.

Ini Bisnis Yang Menjadi Susi Kaya

Setelah 13 tahun menjalani lika-liku bisnis, di tahun 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahaan ikan bernama "PT ASI Pudjiastuti Marine Product" dengan merek dagangnya "Susi Brand". Bisnisnya pun meluas hingga Amerika dan Asia.

Di tahun 2004, Susi membeli pesawat dari hasil uang pinjaman bank dan mendirikan "PT ASI Pudjiastuti Aviation" untuk bisnis persewaan pesawat. Hingga saat ini, Susi memiliki lebih dari 50 pesawat terbang dan memperkerjakan 180 pilot.

Banyak Yang Tidak Setuju Susi Menjadi Menteri

Di tahun 2014, Susi ditunjuk menjadi menteri di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada kabinet Jokowi-JK. Saat terpilih menjadi menteri, Susi langsung melepas semua posisi yang berada di perusahannya.

Waktu itu, banyak pejabat bahkan masyarakat meremehkan dan menentang Susi karena tidak lulus sekolah dan Susi juga merokok dan bertato. Tapi, waktu itu Jokowi tetap kekeh memilih beliau sebagai menteri dengan alasan "Negeri ini butuh orang gila!"

Luar Negeri Memuji Susi, Di Indonesia Susi Di Tentang

Ketika menjabat sebagai menteri, Susi giat untuk memberantas penangkapan ikan ilegal di laut Indonesia. Hingga tahun 2019, tercatat sudah 556 kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan dan menyebabkan stok ikan di Indonesia naik sebanyak 76%. Hal ini juga berdampak pada ekspor ikan Indonesia.

Pada akhirnya di luar negeri, kebijakan Susi mendapat apresiasi dari WWF International yang menganugerahinya 'Leader for a living planet awards' atas komitmen Susi menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan di Indonesia. Namun di dalam negeri, langkah Susi malah mendapat respon negatif dari berbagai pihak, dilansir dari Republika.co.id

Susi Adalah Orang Tua Tunggal Bagi Anak-anaknya

Susi ternyata memiliki kisah cinta yang tidak biasa. Susi telah menikah 3 kali, tapi semuanya harus kandas begitu saja. Susi memiliki 3 anak yang bernama Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser dan Alvy Xavier. Ketiganya Susi didik menjadi pilot dan menyekolahkannya di luar negeri.

Foto : Instagram @susipudjiastuti115

"Bermimpilah setinggi-tingginya. Yang harus dibayar adalah mewujudkan mimpi itu. Cara bayarnya dengan kerja keras, semangat dan komitmen" - Susi Pudjiastuti


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belajar Kaya Dari Juragan Ikan Dan Pesawat Ala Susi Pudjiastuti

Trending Now